Sejarah Hijaz

Hijaz termasuk ibu kota negeri Arab. Di banding bunda kota lainnya, Hijaz memiliki kelebihan. Hijaz selalu merdeka. Walaupun pasukan Habasyah

Mekah pertama kali dikenal oleh beberapa kabilah dari Imliq. Meski demikian, kesuciannya sudah ada bahkan sebelum periode Ismail Banyak kabilah Jurhum merantau ke Mekah, lalu sEJaraH HiJaZ tinggal bersama kabilah Imliq. Akhirnya, Jurhum mengalahkan Imliq dan mengusirnya dari Mekah. Pada saat itu, Hajar dan Ismail bertamu ke Mekah. Ismail muda tumbuh di dalam habitat Jurhum dan menikah dengan seorang wanita dari mereka. Ismail bersama ayahnya, Ibrahim, lalu membangun kembali Kakbah setelah adanya banjir besar, sebagaimana disebutkan Al-Quran.

Sebuah pemerintahan terbentuk di Mekah untuk melindungi dan menjaga jemaah haji serta mengurus kepentingan mereka. Jurhum menguasai urusan politik, sementara Ismail menguasai urusan agama dan Kakbah. Hal tersebut seperti menjadi dasar bagi tugas-tugas periode berikutnya yang berkaitan dengan Kakbah. Jurhum menguasai urusan air minum, bendera Kakbah, dan kepemimpinan, sementara Ismail dan anak cucunya menguasai urusan juru pintu Kakbah.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © atlhub.net. Designed by OddThemes