Jamestown: Koloni Inggris Pertama di Amerika

Koloni Inggris pertama yg bercokol pada Amerika Utara merupakan jamestown. Berdasarkan piagam yg diberikan raja james I dalam Persekutuan Virginia (atau London), kelompok yg terdiri atas sekitar 100 orang berangkat ke teluk Chesapeake dalam 1607. Demi menghindari perseteruan memakai Spanyol, mereka menentukan loka kurang lebih 60 kilometer berdasarkan teluk ke hulu Sungai james.

Source: history.Com

terdiri atas orang kota dan petualang yang lebih tertarik mencari emas daripada beternak, kelompok itu tidak dilengkapi dengan kesadaran atau kemampuan untuk memulai kehidupan yang benar-benar baru di alam liar. Di antara mereka, kapten john Smith muncul sebagai figur dominan. meskipun menghadapi pertengkaran, kelaparan, dan serangan dari Pribumi Amerika, kemampuannya dalam menerapkan disiplin mempertahankan kelangsungan koloni kecil itu selama tahun pertamanya.

Pada 1609 Smith kembali ke Inggris,

Meski demikian, tidak lama setelahnya terjadi perkembangan yang merevolusi ekonomi Virginia. Pada 1612 john rolfe mulai mengawinsilangkan biji tembakau yang diimpor dari hindia timur dengan tanaman lokal dan menghasilkan varietas baru yang disukai oleh orang eropa. Pengapalan pertama tembakau ini tiba di London pada 1614. Dalam kurun waktu satu dekade, tanaman ini menjadi sumber pendapatan utama Virginia.

Namun kemakmuran tidak datang dengan cepat, dan tingkat kematian akibat penyakit dan serangan Indian masih luar biasa tinggi. Antara 1607 dan 1624, kirakira 14.000 orang bermigrasi ke koloni tersebut, tetapi hanya 1.132 orang yang tinggal di sana pada 1624. Sesuai rekomendasi komisi kerajaan, pada tahun itu raja Inggris membubarkan Persekutuan Virginia dan menjadikannya sebagai koloni kerajaan.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © atlhub.net. Designed by OddThemes