J. P. MORGAN DAN KAPITALISME KEUANGAN

Kemajuan industri di Amerika memerlukan lebih berdasarkan pakar-pakar industri. Industri yang besar memerlukan jumlah kapital yang akbar; pertumbuhan ekonomi yg cepat membutuhkan investasi pihak luar. John Pierpont (J.P.) morgan adalah ahli keuangan paling krusial di Amerika yang memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Pada akhir abad ke-19

Dari tahun 1880-an sampai awal abad ke-20, morgan dan perusahaannya tidak hanya mengatur surat-surat berharga yang mempertanggungkan konsolidasi korporat beberapa perusahaan penting, namun juga menghasilkan beberapa sendiri. Yang paling mencengangkan adalah dari U.S Steel Corporation, yang menggabungkan Carnegie Steel dengan beberapa perusahaan lainnya. Saham dan obligasi korporat perusahaan itu dijual kepada para investor dengan jumlah yang saat itu belum pernah ada sebelumnya – 1,4 miliar dolar AS.

morgan menghasilkan dan mendapatkan banyak keuntungan dari banyak merger lainnya. Bertindak sebagai bankir utama dari beberapa perusahaan kerata api, ia bahkan bisa menghilangkan persaingan di antara mereka. Usaha-usaha organisasionalnya membawa kestabilan kepada industri Amerika dengan mengakhiri perang harga yang membawa kerugian kepada para petani dan pengusaha-pengusaha kecil, yang menganggap dia sebagai penindas. Pada 1901, ketika ia mendirikan Perusahaan Surat-surat Berharga Utara untuk mengendalikan sekelompok perusahaan kereta api yang besar, presiden theodore roosevelt mengeluarkan UndangUndang Sherman Antitrust yang sukses memecahkan mergernya.

Bertindak sebagai banker sentral tidak resmi, morgan berinisiatif dalam mendukung mata uang dolar pada depresi ekonomi di pada 1890-an pertengahan dengan memasarkan sejumlah besar obligasi pemerintah untuk menggalang dana untuk mengisi kembali persediaan emas nasional. Pada saat yang sama, firmanya melakukan jaminan singkat kepada cadangan emas negara. Pada 1907, ia memimpin pengaturan dalam komunitas keuangan New York untuk mencegah sederetan kebangkrutan potensial. Dalam prosesnya, firma mengambil alih perusahaan baja independen yang besar, dan menggabungkannya dengan U.S. Steel. tindakan ini disetujui secara pribadi oleh presiden roosevelt, dengan tujuan untuk mencegah depresi nasional yang serius.

Sampai waktu itu, kekuasaan morgan begitu besar sehingga kebanyakan orang Amerika secara naluriah tidak percaya dan tidak menyukai dia. Secara berlebihan, tokoh-tokoh reformasi menggambarkan dia sebagai direktur “perusahaan gabungan uang” yang menguasai Amerika. Sampai pada saat kematiannya di pada 1913, negeri itu sedang dalam tahap akhir pendirian bank sentral, Sistem Cadangan Federal, yang nantinya akan menjalankan banyak tanggung jawab yang secara tidak resmi dijalankan oleh morgan.

Sumber: Garis Besar Sejarah Amerika

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © atlhub.net. Designed by OddThemes