Tanya Jawab Tentang Rukun Iman dan Rukun Islam

Tanya Jawab Tentang Rukun Iman dan Rukun Islam - Assalamu'alaikum wr. wb. Selamat datang di blog AsukhaKom. Baik pada kesempatan yang baik ini saya akan membagikan sebuah artikel yang berjudul tanya jawab tentang rukun iman dan rukun islam. Semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkannya. Silahkan disimak mulai dari pertanyaan sampai kepada jawabannya ya?

Rukun Iman dan Rukun Islam

Pertanyaan :

Ustad yang terhormat,

Sekarang ini pikiran aku sedang kusut. Saya adalah seseorang muslim, usia 25 thn. Pendidikan saya tamatan Sekolah Menengah Kejuruan, akan tetapi sangat disayangkan karena saya tidak begitu memahami & mengerti tentang rukun iman & rukun islam, & pula tentang disparitas antara keduanya. Jadi disini Saya ingin bertanya dalam Ustad :

1. Apa arti rukun itu?

Dua. Dimana perbedaan antara iman & islam ?

Tiga. Berapa rukun iman dan rukun islam ?

4. Apakah perlu buat aku menyelidiki dalil-dalil hadist & qur?An ?

Tolong Ustad terangkan & jelaskan untuk saya sanggup mengerti tentang hal itu, terimakasih sebelumnya.

Baca Juga:Contoh Pidato Tentang Adab Kepada Kedua Orang Tua

Jawaban:

Rukun berdasarkan pengertian syari?At islam adalah sesuatu penegak yg menggunakan dialah berdirinya sesuatu, sedang beliau dalam sesuatu itu. Umpanya tiang bagi tempat tinggal kayu. Tiang adalah penegak tempat tinggal , tanpa tiang rumah tak akan berdiri dan tiang itu terletak pada tempat tinggal . Membaca takbiratul ihram adalah rukun sembahyang, tanpa membacanya sembahyang tidak sah dan takbir itu terletak pada sembahyang itu.

Percaya atas adanya Allah adalah galat satu rukun iman. Tanpa percaya atas adanya Allah makai man nir ada, akan tetapi percaya itu sendiri pada iman.

Dimana perbedaan islam dengan iman? Tidak nir sama Cuma lain tempat. Iman terletak dalam hati, akan tetapi islam terletak terletak di anggota tubuh yg lahir. Iman merupakan agama dan Islam adalah ibadat lahir.

Rukun Islam masih ada 5:

1. Mengucap syahadat, yaitu : Asyhadu anla ilaha illal Lah wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah (Saya mengakui bahwa tiada ilahi selain Allah

2. Mengerjakan sembahyang 5 waktu sehari semalam.

3. Mengeluarkan zakat kalau harta sampai senisab.

4. Puasa bulan Ramadhan,

5. Naik haji ke Mekkah kalau kuasa.

Rukun Iman itu ada 6 :

1. Mempercayai bahwa Tuhan Allah itu Ada.

2. Mempercayai atas adanya malaikat-malaikat.

3. Mempercayai adanya dan benarnya kitab-kitab suci.

4. Mempercayai adanya Rasul-rasul (utusan-utusan) Tuhan.

5. Mempercayai atas akan adanya hari akhirat.

6. Mempercayai takdir, yaitu buruk baik dari Allah.

Sebenarnya mempelajari dalil-dalil Qur’an dan Hadist itu bagi yang setingkat sobat (ibtidaiyah) tidaklah begitu perlu. Itu pelajaran agak sulit, tidak dapat dicapai kecuali untuk orang yang sudah mengkhususkan  dirinya untuk itu.

Tetapi kalau Sobat ingin dan ada waktu maka hal itu baik benar, pelajarilah arti ayat-ayat suci Al-Qur’an, pelajarilah Hadist-hadis Nabi dan bacalah tafsir-tafsir yang banyak.

Sekedar untuk keperluan sobat yang bertanya, kami berikan dua hadist, untuk dapat direnungkan :

Pertama

Tersebut dalam Hadist Bukhari dan Muslim :

Artinya : “Dari Abdullah bin ‘Umar bin Khatab Rda. (Sahabat Nabi) beliau berkata : Saya dengar Rasulullah Saw. Berkata : Didirikan Islam atas diatas lima dasar, mengucapkan/pengakuan, bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad itu Rasulullah, mengerjakan sembahyang, membayarkan zakat, naik haji, dan puasa bulan Ramadhan”.

(hadist ini tersebut dalam kitab hadist Bukhari I, halaman 9 dan sahih Muslim I, halaman 26. Susunan kata-kata hadist ini diambil dari kitab Bukhari).

Kedua

Tersebut dalam kitab hadist Bukhari dan Muslim juga satu hadist Panjang, di antaranya kami kutib sebagai berikut :

Artinya : “Nabi ditanya : Cobalah tuan ceritakan tentang Iman ! Nabi Menjawab : Iman ialah supaya engaku percaya atas adanya Allah, percaya kepada malaekat-malaekat-Nya, Kitab-kitab suci-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akherat dan percaya kepada takdir (buruk baiknya dari Allah)”.

(Dikutip dari kitab Syarah Muslim I, halaman 157)

Jelas dalam hadist ini, bahwa Rukun Iman itu ada enam, yaitu sebagai yang dijelaskan diatas.

Demikian. Teimakasih...☺☺☺

Wassalam...

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © atlhub.net. Designed by OddThemes