Membuat Jaringan Peer To Peer

Membuat Jaringan Peer To Peer -Selamat datang di AsukhaKom. Jaringan Peer To Peer (P2P) adalah suatu model jaringan komputer untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, dimana komputer yang telah terhubung tersebut bisa saling berbagi data ataupun file.

Untuk kesempatan yang baik ini saya akan memberikan sebuah tutorial bagaiman cara menciptakan jaringan peer to peer. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi sobat seluruh..

Adpun langkah-langkah atau cara Membuat Jaringan Peer To Peer sebagai berikut:

Alat - indera atau bahana yg diperlukan yaitu :

1. Kabel UTP/ Kabel LAN

2. Dua buah PC/ Laptop

apabila bahannya sudah disiapkan simak langkah - langkahnya dibawah ini.

Langkah-langkah Membuat Jaringan Peer To Peer yaitu :

Masukan/ colokkan kabel UTP yg telah dikonfigurasi sebagai susunan straight/ cross ke port LAN card dalam Komputer 1/A dan dua/B,(disini saya menggunakan kabel UTP tipe Straight).

Setelah kabel terpasang menggunakan sahih dalam komputer atau laptop sobat, kini simak cara setting buat kemputer 1/A & komputer 2/B berikut.

Cara Setting Komputer A

1. Setelah kabel dimasukkan ke masing Komputer 1/A dan 2/B, maka tampilan di jaringan seperti gambar di bawah ini.

2. Klik kanan pada icon jaringan pada toolbar disamping kanan kemudian pilih Open Network and Sharing Center, Seperti pada gambar dibawah ini.

3. Setelah Open Network and Sharing Center di pilih, maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, klik pada Ethernet.

4. Setelah klik pada Ethernet maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, dan klik 2 kali pada Internet Protocol 4 (TCP/IPv4).

5. Setelah di klik 2 kali pada Internet Protocol 4 (TCP/IPv4), maka akan muncul gambar seperti dibawah ini, pilih Use the following IP Address dan isikan dengan 172.168.11.9 pada IP Adrees, dan 255.255.0.0 pada Subnet mask. Input yang ter sisa bisa di kosongkan, klik OK.

6. Kita lakukan lagi langkah 1 sampai 5 untuk setting Komputer B, pada computer B yang berubah Cuma IP Address nya, pilih Use the following IP Address dan isikan dengan 172.168.11.10 pada IP Adrees, dan 255.255.0.0 pada Subnetmask. Input yang tersisa bisa di kosongkan, klik OK. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara kita mengetahui apakah ke dua komputer berikit sudah terhubung, kita akan melakukan ping dari computer 1/A  ke computer 2/B atau sebaliknya.

Caranya sebagai berikut:

Silahkan Buka CMD (Command Prompt) dengan menggunakan tombol keyboard Logo Windows+ R dan ketikan cmd

Silahkan ketik perintah 'ping (IP Address)' tanpa tanda kutip dan tanda kurung pada CMD. Pada IP Address di isi dengan IP komputer yang ingin di ping. Apabila Sobat melakukan ping dari computer 1/A, maka IP address di isi dengan IP komputer 2/B. Untuk sebaliknya begitu juga. Misalnya perintah "ping" dari komputer 1/A ke komputer 2/B:

PING 172.168.11.10

Jika koneksi antar kedua komputer tersebut berhasil maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

7. Langkah selanjutnya adalah meng Turn of Firewall, langkah-langkahnya adalah:

  • Masuk ke Control Panel klik pada System and Security,

  • Setelah klik System and Security, akan munjul jendela seperti gambar di bawah ini, kemudian klik pada Windows Firewall.

  • Setelah klik pada Windows Firewall, akan muncul lagi jendela seperti dibawah ini, kemudian klik pada Turn Windows Firewall on or off.

  • Setelah klik pada Turn Windows Firewall on or off, akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, pilih Turn Off Windows Firewall (not recommendet), kemudian OK.

  • Selesai menonaktifkan/ turn off firewall

8. Langkah selanjutnya adalah Sharing Data, langkah- langkah yang dilakukan adalah:

  • Klik kanan pada folder yang ingin di share, seperti pada gambar dibawah ini,1,2 dan 3 pilih Specific people

  • Setelah Specific people dipilih maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, setelah selesai merubah seperti no 1,2,3,4,dan 5, klik Share

  • Setelah klik Share, maka akan muncul jendela seperti dibawah ini, klik Done, dan Selesai Share data.

9. Langkah selanjutnya adalah melihat apakah data yang dikirim masuk atau tidak, langkah nya adalah buka My computer/ Windows+E > Network. Seperti pada gambar di bawah ini:

Dalam folder Users itu terdapat folder tgs pak jal, karna yang dishare data dari desktop, maka foldernya berubah jadi Users.

10. Selesai.

Itulah tutorial Cara Membuat Jaringan Peer To Peer semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan tutorial ini, atas kunjungan sobat saya ucapkan Terimakasih...☺☺☺

Baca juga Cara Membuat Jaringan Client Server

Download file Makalah Perkabelan Straigh dan Cross

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © atlhub.net. Designed by OddThemes