Kompleks Makam Troloyo

Kompleks makam Troloyo terletak di Dukuh Sidodadi, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Di kompleks pemakaman ini banyak ditemukan makam-­makam kuna. Makammakam tersebut sebagian masih dalam keadaan terawat dengan adanya juru pelihara dari BP3 Jawa Timur, namun sebagian lagi telah mengalami perubahan dengan adanya penambahan berbagai bangunan baru. Pada kompleks makam ini sekarang telah dibuat beberapa bangunan baru yang berdiri di atas bangunan cungkup lama, termasuk areal perparkiran. Beberapa makam akan diuraikan di bawah ini:

1. Kubur Panjang

Masyarakat menyebut makam ini Kubur Panjang, karena merupakan sebuah makam yang panjangnya melebihi ukuran panjang makam pada umumnya. Kubur Panjang terletak di sebelah timur laut masjid dan disebut sebagai makam Syeh Ngundung. Inskripsi yang terdapat pada nisan makam merupakan kutipan ayat­ayat AlQur’an dari satu potong Surat Ali Imran ayat 185, Surat Al­Ambiya ayat 35, Surat Al­ Ankabut ayat 37, dan Surat Ar ­Rahman ayat 26 dan 27

2. Kubur Tunggal

Disebut Kubur Tunggal karena dahulu (sebelum adanya pembangunan cungkup baru) kuburan ini terletak di dalam sebuah cungkup dan berdiri sendiri. Kuburan ini terletak di sebelah timur masjid. Makam ini oleh masyarakat setempat disebut sebagai makam Syeh Jumadil Kubro. Inskripsi yang terdapat pada nisan makam merupakan kutipan ayat­-ayat Al-­Qur’an dari Surat Ali Imran ayat 185, Surat Al­-Ambiya ayat 35, Surat Al-­Ankabut ayat 37, Surat Ar­-Rahman ayat 26, Surat Al­-Qasas ayat 88, dua kalimah dalam bahasa Arab, dan Asma’ul Khusna.

Tiga. Petilisan Walisongo

Disebut Petilasan Walisongo karena dalam pada satu gentan masih ada sembilan makam. Petilasan Walisongo ini terletak pada sebelah timur masjid. Inskripsi yg masih ada dalam nisan makam adalah kutipan ayat?-ayat AlQur?An berdasarkan Surat Ali Imran ayat 185, Surat Al?-Ambiya ayat 35, Surat Al?Ankabut ayat 57,

4. Kebur Telu

Kubur Telu terletak di sebelah timur masjid. Istilah Kubur Telu diberikan oleh masyarakat setempat, karena di dalamnya terdapat tiga buah makam, yaitu:

a. Makam Syeh Maulana Ibrahim

Makam ini di dalam cungkup berada paling timur di antara tiga makam lainnya. Inskripsi yang terdapat pada nisan makam merupakan kutipan ayat-­ayat Al­Qur’an dari Surat Ar-­Rahman ayat 26 dan 27.

b. Makam Syeh Maulana Sekah

Makam ini berada di tengah di antara tiga makam yang berada dalam satu bangunan. Inskripsi yang

terdapat pada nisan makam berupa satu kalimat tauhid (dua kalimah syahadat).

c. Makam Syeh Abdul Qodir Jaelani Sini

Makam ini berada di bagian paling barat di antara tiga makam lainnya. Inskripsi yang terdapat pada nisan makam merupakan kutipan ayat-­ayat Al-­Qur’an dari satu potong Surat Ali Imran ayat 185, Surat Al-Ambiya ayat 35, Surat Al­-Ankabut ayat 57, puji-­pujian kepada Allah, kalimat Tauhid, Asma’ul Khusna. Selain itu juga tercantum angka tahun Çaka dalam angka Arab yaitu 1533 Ç (1611 M)

Sumber: Majapahit Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota

Bab Fenomena Islam Pada Masa Kebesaran Kerajaan Majapahit oleh Muhammad Chawari

Bourbon

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © atlhub.net. Designed by OddThemes